Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

27
Jan

Seberapa penting medical cek up

Haiii Sahabat Arga, Salam Sehat Keluarga,

Medical Check up apakah penting? tentu saja sangat penting maupun itu muda atau sudah tua. dikarenakan lebih baik mencegah daripada sudah kejadian sakit. Terkadang terlihat sehat ada kemungkinan penyakit serius di tubuh yang belum menampakan gejala.

Apa saja sih yang perlu di di cek ? kita akan jelaskan dimulai dari :

Berat badan

Index masa butuh (BMI) yang tidak ideal dapat memicu beberapa penyakit di tubuh. salah satu contohnya kegemukan yang dapat meningkatkan resiko terjangkitnya resiko stroke, penyakit jantung, diabetes, hipertensi dan kanker.

BMI sebenarnya dapat juga di hitung sendiri dirumah dengan cara Berat badan/Tinggi bandan. Namun jika ada mengalami penurunan berat badan secara drastic atau kegemukan berlebihan yang tidak normal. segera konsultasi kepada dokter untuk menanganinya.

Gula darah

Gula darah juga harus di cek. sebisa mungkin 3x dalam setahun. Gejala diabetes seperti berat badan menurun drastic  tanpa sebab yang jelas, sering merasa haus dan lapar. kesemutan berlebihan pada tangan ataupun kaki. Disarankan untuk melakukan tes gula darah dan berpuasa selama 8 jam. Tes gula darah puasa akan menunjukkan salah satu hasil berikut:

  • Normal: 70-100 mg/dL
  • Pra diabetes: 100-125 mg/dL
  • Diabetes: ≥ 126 mg/dL

Tekanan Darah

Tekanan Darah normal bilangan atas(sistolik) adalah kurang dari 140mm hg dan bilangan bawah (diastolic) kurang dari 90 atau bisa dibaca 140/90. jika di atas atau dibawah itu tekanan darah disarankan untuk konsultasi dokter.

Kolesterol

Kolesterol pada dasarnya adalah jenis lemak yang dibutuhkan tubuh, namun jumlah yang berlebihan dapat menyumbat pembuluh darah dan memicu penyakit jantung serta stroke. Kolesterol normal adalah sebagai berikut:

  • Kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) sebaiknya di atas 60 mg/dL.
  • Kolesterol jahat (low-density lipoprotein/LDL) sebaiknya di bawah 100 mg/dL.
  • Trigliserida sebaiknya kurang dari 150 mg/dL.
  • Total kolesterol sebaiknya di bawah 200mg/dL.

Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Pemeriksaan jantung dapat dilakukan dengan tes elektrokardiogram (EKG) atau dikenal dengan rekam jantung. Tes dilakukan untuk mengetahui aktivitas listrik jantung. Dengan tes ini dapat dideteksi adanya detak jantung tidak normal atau gangguan lain seperti pembuluh darah yang tersumbat. Tes ini dilakukan jika Anda mengalami gejala penyakit jantung, seperti nyeri di bagian dada atau jantung berdebar.

Tanya obat tanya apoteker Salam Sehat Keluarga

Leave a Reply