Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

27
Jan

Berbagai cara mengatasi bau mulut

4/1/2023

Haiii Sahabat Arga, Salam Sehat Keluarga,

bau mulut merupakan hal yang sangat mengganggu dan kerap kali membuat rasa percaya diri menurun terlebih saat sedang berbicara dengan orang lain. Namun jangan kawatir kita punya solusi untuk sahabat yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau mulut secara alami.

Bau mulut atau yang bisa disebut dengan istilah medis “halitosis”, adalah kondisi dimana adanya aroma nafas mulut yang tidak sedap yang dapat juga disertai dengan mulut kering, rasa tidak enak di mulut dan warna putih di lidah.

Penyebab bau mulut

tidak rutin menggosok gigi setiap hari akan membuat serpihan sisa makanan tertinggal di mulut yang dapat menyebabkan bakteri tumbuh pada serpihan tersebut yang mengerluarkan senyawa berbau dan tidak sedap penyebab bau mulut.

Selain jarang gosok gigi. kurangnya air liur  akibat mulut kering juga dapat menyebabkan baut mulut. kenapa bisa begitu? karena air liur berperan membersihkan sisa-sisa makanan dan benda asing yang ada dalam mulut.

Disamping itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan bau mulut itu kembali muncul yaitu sebagai berikut :

  • Merokok
  • Minum alcohol
  • Mengkonsumsi makanan berbau menyengat
  • Peradangan pada rongga mulut, sinus, dan gusi
  • Asam lambung

Tips mengatasi bau mulut.

  1. Anda harus rajin menggosok gigi dan  menggunakan benang gigi guna membersihkan sisa-sisa makanan penyebab bau mulut.
  2. Meminum susu, karena dapat menetralisir bau mulut akibat makanan berbau menyengat
  3. Mengkonsumsi Jeruk, karena jeruk kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur. Dengan meningkatkan air liur, bakteri penyebab bau mulut akan dibuang dari mulut. dan Vit C juga bisa bermanfaat mencegah radang gusi dan sariawan.

Tanya obat tanya apoteker

Salam Sehat Keluarga

Leave a Reply