Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

30
Nov

Bisakah Kangkung Cegah Kurang Darah?

Hai Sahabat Arga, Assalamualaikum! Apa kabarnya nih? Semoga Sahabat sehat dan selalu dalam lindungan-Nya ya, jangan sampai aktivitas yang padat membuat Sahabat Arga sampai lupa makan. Ngomong-ngomong soal makan nih, Sahabat pasti kenal akrab dong dengan sayuran yang namanya Kangkung? Selain murah dan mudah didapat dan diolah, katanya kangkung ini juga efektif cegah kurang darah.

Kurang darah atau anemia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah (hemoglobin) di dalam tubuh. Mereka yang mengalami kondisi ini umumnya mudah lelah, rentan sakit, sulit berkonsentrasi, kulit pucat dan sering kram pada kaki dan tangan. Di antara semua jenis anemia, yang paling sering terjadi adalah anemia karena kekurangan zat besi. Simpelnya, kondisi ini adalah akibat dari tidak tercukupinya kebutuhan zat besi harian.

Kangkung memiliki kandungan zat besi 1,5 kali lebih besar dibandingkan bayam. Dalam 100 gram kangkung, terdapat 3,5-4 gram zat besi. Jika konsumsi bersamaan dengan variasi menu lain, kangkung dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian dan cegah kurang darah.

Adapun kebutuhan zat besi pada pria dewasa adalah sekitar 8,5 gram per hari. Sedangkan wanita dewasa adalah sekitar 18 gram per hari. Sebenarnya, kangkung tak hanya mengandung zat besi, tapi juga asam folat dan vitamin C. Dua unsur ini sama-sama memiliki peran penting dalam membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Selain bermanfaat cegah kurang darah, kangkung juga merupakan sumber antioksidan yang baik. Jadi, sayuran hijau ini dapat tubuh untuk menangkal radikal bebas. Gak cuma itu, kangkung juga merupoakan sumber serat yang dapat bantu turunkan kolesterol, serta sumber vitamin A yang baik untuk menjadi kesehatan mata.

Tuh, banyak banget kan nutrisi yang dikandung oleh Kangkung. Tapi, jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan yaaa! Salam Sehat Keluarga.

Leave a Reply