Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

20
Sep

Membuang Obat Ada Tata Caranya, Lho!

Assalamualaikum, Sahabat Arga.

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga Sahabat Arga selalu sehat yaaa, walaupun di Kota Pekanbaru asap masih menyelimuti, tapi kita harus tetap semangat. Ingat, badai pasti berlalu hehehe.

Sahabat Arga, apakah kamu punya beberapa obat yang sudah tidak terpakai di rumah ataupun kadaluarsa? Biasanya, setelah tidak bisa dipakai lagi, apa yang akan Sahabat lakukan? Membuangnya? Membakarnya?

 

 

Obat kadaluarsa yang dibuang begitu saja di tempat sampah, toilet atau saluran air akan dapat membahayakan orang lain dan juga lingkungan. Obat-obat tersebut bisa saja disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu, jika dibuang di toilet, juga bisa berakhir di sistem saluran air sehingga dapat mencemari serta membahayakan lingkungan.

Salah satu cara yang aman untuk membuang obat yang kadaluarsa yaitu disarankan untuk membawa obat yang sudah kadaluarsa ke apotek terdekat untuk dihancurkan atau dibuang dengan aman sesuai prosedur lembaga kesehatan.

Berikut cara-cara yang tepat untuk membuang sendiri obat yang sudah kadaluarsa :

  • Baca label obat terlebih dahulu dan jika ada petunjuk pembuangan khusus yang tertempel, maka ikuti petunjuknya.
  • Pisahkan obat yang sudah kadaluarsa dari kemasan atau plastik obat.
  • Jangan menghancurkan obat berbentuk tablet atau kapsul, tetapi campur obat kadaluarsa dengan tanah, kotoran kucing, ampas kopi atau zat lain yang menyerap obat.
  • Tempatkan obat yang hendak dibuang dalam kantong plastik tertutup untuk mencegah anak kecil, binatang peliharaan atau orang lain mengorek dari sampah Sahabat.
  • Buang obat dalam tempat sampah.
  • Jika membuang obat yang diresepkan dokter, coret semua informasi yang ada di label botol atau plastik obat.
  • Hapus informasi dari label resep obat untuk membantu menjaga privasi dan melindungi informasi tentang kesehatan pribadi Sahabat.

Jika obat pribadi Sahabat Arga memiliki waktu kadaluarsa yang masih lama, simpanlah dengan baik di tempat yang dingin, gelap dan tidak lembab serta jauh dari jangkauan anak-anak. Obat yang terpapar panas dan cahaya bisa berkurang keampuhannya dalam melawan penyakit.

Setelah sudah mengetahui informasi ini, mulai sekarang Sahabat Arga harus mulai membiasakan untuk mengikuti petunjuk membuang obat kadaluarsa dengan cara yang benar ya.. Karena hal yang paling penting adalah jangan sampai obat-obat tersebut disalahgunakan dan membahayakan orang lain dan lingkungan.

Salam Sehat Keluarga

Leave a Reply