Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

05
Jul

Hubungan Tanda Putih di Kuku dengan Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Pernahkah Sahabat melihat atau bahkan memiliki tanda garis putih di kuku? Ternyata tanda itu ada kaitannya dengan kesehatan, lho. Penasaran? Yuk, cari tahu!

Tanda putih papda kuku memang ada kaitannya dengan kesehatan, bukan hanya sekadar mitos belaka. Jika tanda putih itu muncul di kuku merupakan tanda bahwa kebutuhan mineral dalam tubuh tidak tercukupi. Mineral yang dimaksud adalah zinc.

Tentu tanda ini tidak boleh disepelekan karena bisa berdampak pada kesehatan. Bentuk dari tanda putih ini juga tergantung pada seberapa parah darah kamu kekurangan zinc. Hilangnya tanda putih di kuku juga bergantung pada lamanya kebutuhan zinc dalam tubuh kamu terpenuhi.

Efek dari kekurangan zinc pada tubuh akan membuat Sahabat sering merasa pusing dan cepat kelelahan. Tubuh yang kekurangan seng atau zinc ini lebih rentan terkena penyakit.

Seperti diketahui bahwa seng berfungsi membantu dan merangsang aktivitas dalam tubuh setidaknya 100 enzim yang berbeda.

Tanda kesehatan pada bercak putih di kuku

Tanda kesehatan pada bercak putih di kuku

Unsur seng bisa ditemukan dalam banyak makanan dan juga tersedia dalam suplemen makanan. Bahkan anak-anak yang mengalami kekurangan zinc bisa menyebabkan pertumbuhannya terhambat dan peningkatan risiko infeksi.

Bagi ibu hamil, penting untuk memenuhi kebutuhan zinc agar selama masa kehamilan dan menyusui lancar, perempuan bahkan lebih banyak membutuhkan seng tambahan.

Sistem kekebalan tubuh yang sehat juga membutuhkan zinc. Selain itu untuk sintesis DNA yang benar, menyembuhkan luka, dan meningkatkan pertumbuhan yang baik selama masa kanak-kanak.

Selain itu, menurut Medical News Today pada Kamis, 27 Juni 2019, kuku putih juga bisa disebabkan oleh penyakit sistemik, seperti anemia defisiensi besi, di mana tubuh kekurangan zat besi dalam sirosis pengikat tubuh. Atau bisa juga karena adanya infeksi atau disebabkan karena jamur.

 

Leave a Reply