Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

25
Sep

Air Purifier Untuk Kesehatan

Jaman sekarang, mendapatkan udara bersih dan sehat di kota-kota besar cukup sulit ya Sahabat. Tidak heran kalau air purifier atau pemurni udara dijadikan andalan untuk mendapatkan udara sehat di dalam ruangan ataupun rumah.Tapi, apakah air purifier benar-benar efektif untuk membersihkan udara di dalam ruangan? Perlukah kita memilikinya?

Sebelumnya, kita harus mengetahui apa itu air purifier atau pemurni udara.

Air Purifier atau Pemurni Udara adalah suatu alat yang dapat membersihkan udara yang kita hirup. Air purifier tidak mendinginkan ruangan seperti AC, melainkan hanya untuk mengeluarkan udara segar yang sudah bersih atau bebas polusi. Dengan alat ini, partikel alergen atau penyebab alergi dapat dihilangkan.

Alat ini bekerja menggunakan sistem kipas internal untuk menghisap udara di dalam ruangan. Dikutip dari Good Houskeeping, udara ini kemudian dikirim ke dalam filter yang berada di bagian belakang alat. Serangkaian filter melengkapi alat ini untuk menghilangkan partikel berbahaya seperti debu, asap, serbuk sari, dan bakteri di udara. Beberapa alat penjernih udara bahkan bisa menyaring kuman dan bakteri di dalam ruangan. Udara yang telah disaring akan disalurkan ke bagian depan dan dikeluarkan dalam kondisi segar dan bebas polusi. Pembersih udara kemudian akan mengedarkan kembali udara murni yang telah melalui proses penjernihan ke dalam ruangan. Proses ini akan terjadi beberapa kali dalam kurun waktu satu jam untuk menjaga lingkungan tetap sehat.

Lalu, apakah manfaat dari Air Purifier?

1. Menghilangkan virus dan bakteri di udara

Sebuah penelitian pada Retroscreen Virology, UK menunjukkan penurunan jumlah aktivitas virus dengan menggunakan metode test. Penelitian dilakukan dengan memasukkan virus dalam kotak dan dihitung jumlah penurunan aktivitas virus setelah digunakan air purifier.

2. Menghilangkan bau tidak sedap

Kemampuan air purifier dalam menghilangkan bau tidak sedap telah lolos dalam serangkaian tes yang dilakukan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation. Tes dilakukan untuk mengetahui keefektifan untuk menghilangkan bau dengan menggunakan enam tingkatan pengukuran bau.

3. Mengurangi jamur

Manfaat air purifier berikutnya adalah kemampuan alat ini untuk memberantas jamur yang dapat menjadi sumber penyakit. Kemampuan dalam memberantas jamur telah dibuktikan dengan adanya tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories.

Tes yang dilakukan dengan metode menyemburkan ion PCI di ruangan berukuran 2.6 m3 , jamur tumbuh pada PVC plate – konsentrasi ion PCI 50.000 ions/cm3. Dan hasil dari tes membuktikan jumlah dan pertumbuhan jamur dapat dikurangi berkat air purifier.

 

Itu dia beberapa manfaat dari Air Purifier, Sahabat Arga. Gimana? Tertarik untuk membeli Air Purifier? Tidak ada salahnya kan, memiliki sebuah air purifier untuk di rumah. Karena kesehatan keluarga yang paling utama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sahabat Arga ya. Salam Sehat Keluarga.

Leave a Reply