Halo Keluarga (0761) 62612 0812 4900 3900

Blog

07
Mar

Ternyata Ini Gangguan Telinga yang Sering Terjadi

Apotekkeluarga.com, Tahukah kamu bahwa hari Minggu kemaren (03/03/2019) diperingati sebagai World Hearing Day atau Hari Pendengaran Dunia? Yap, mari sedikit peduli untuk merawat dan menjaga kesehatan telinga.

Telinga merupakan panca indra yang paling rentan mengalami masalah kesehatan. Saraf yang banyak di telinga harus dijaga dengan baik agar tidak terjadi masalah pendengaran. Jika terjadi masalah, segeralah ditangani agar tidak semakin parah.

Ternyata, keluhan paling jamak yang dialami oleh banyak orang adalah penyumbatan saluran telinga karena kotoran (earwax). Penyumbatan ini sering menjadi keluhan sehingga orang datang ke THT.

Sebenarnya earwax ini bukan kotoran telinga. Melainkan adalah hasil produksi kelenjar pada saluran telinga.

Earwax inilah yang menangkap debu dan partikel-partikel lain yang masuk ke saluran telinga agar tidak masuk ke bagian dalam telinga yang bisa menyebabkan infeksi atau kerusakan gendang telinga.

Cara kerja earwax ini normalnya akan mengering dan keluar sendiri bersama partikel asing yang terperangkap di dalamnya. Earwax ini juga berbeda-beda lho. Ada yang lembut ada juga yang kering atau keras.

Meskipun memiliki fungsi, earwax ini sering menyebabkan penyumbatan saluran telinga. Hal ini terjadi apabila saluran telinga terlalu kecil atau bentuknya tidak wajar akan memudahkan terjadinya penumpukan earwax.

Kesalahan yang sering kita lakukan ialah mengorek telinga dengan cotton bud.

Sebenarnya memasukkan cotton bud ke dalam telinga membuat earwax terdorong ke bagian paling dalam sehingga terjadi penumpukan di saluran telinga. Hal ini juga bisa melukai bahkan merusak gendang telinga.

Selain itu, ada beberapa gejala dari terjadinya gangguan telinga akibat penumpukan earwax ini, diantaranya: kemampuan mendengar jadi menurun, menimbulkan rasa pusing berkunang-kunang, bagian telinga berasa tersumbat, telinga berdenging, bagian telinga terasa sakit, gatal, dan timbulnya cairan dari lubang telinga.

Hati-hati untuk kamu yang sering menggunakan penyumbat telinga (earplug), sebab penggunaan alat bantu dengar ini lebih berpotensi mengalami penyumbatan saluran telinga.

Yuk, mari jaga kesehatan telinga kita, Sahabat Arga!

Leave a Reply